Senin, 02 Mei 2016

Kesehatan dan Keselamatan Kerja PT. Sinar Sosro

Produktivitas kerja karyawan merupakan faktor utama bagi suatu perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada peningkatan produktivitas kerja karyawan, antara lain: keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta lingkungan kerja. 
Dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta lingkungan kerja diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Sinar Sosro. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan keselamatan dan kesehatan kerja berhubungan dengan peranan pimpinan. 
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Teori Tentang Lingkungan Kerja, dan Teori Tentang Produktivitas Kerja Karyawan yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia. Pendekatan penelitian ini adalah survei. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sifat penelitian adalah eksplanatori, dimana seluruh variabel diukur dengan skala likert. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan sampel 34 responden. Pengujian hipotesis pertama menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan uji serempak (uji F) dan uji parsial (uji t) pada tingkat kepercayaan 95% (?=0,05). Sedangkan hipotesis kedua menggunakan analisis Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis menunjukkan bahwa keselamatan dan kesehatan (K3) serta lingkungan kerja secara serempak mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 0,000. Koefisien determinasi (R2) variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 0,916 yang berarti keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta lingkungan kerja berpengaruh sebesar 91,6% dan sisanya 8,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Hasil uji parsial keselamatan dan kesehatan kerja (K3) memiliki pengaruh positif (7,873) dan lebih dominan dibandingkan dengan lingkungan kerja yang memiliki pengaruh positif (5,329) terhadap produktivitas kerja karyawan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta lingkungan kerja berpengaruh highly significant terhadap produktivitas kerja karyawan dan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja(K3) berhubungan sedang dengan peranan pimpinan. terutama di PT Sinar Sosro ini harus menggunakan pakaian serta perlengkapan yang sudah terstandarisasi guna melindungi pekerja dari kecelakaan saat bekerja yang tidak di inginkan

0 komentar:

Posting Komentar

 

asdfghjkl Template by Ipietoon Cute Blog Design