Senin, 02 Mei 2016

contoh konflik yang sering terjadi di lingkungan sekitar


Perkelahian atau yang sering disebut tawuran sering sekali terjadi diantara pelajar. Bahkan bukan hanya pelajar SMA. tapi juga sudah melanda sampai ke kampus-kampus. Ada yang mengatakan bahwa berkelahi adalah hal yang wajar pada remaja. Terlihat dari tahun ke tahun jumlah perkelahian dan korban cenderung meningkat. Tawuran yang terjadi apabila dapat dikatakan hampir setiap bulan, minggu, bahkan mungkin hari selalu terjadi antar pelajar yang kadang-kadang berujung dengan hilangnya satu nyawa pelajar secara sia-sia. Pelajar yang seharusnya menimba ilmu di sekolah untuk bekal mass depan yang lebih baik menjadi penerus bangsa malah berkeliaran diluar dan melakukan hal-hal yang dapat berakibat fatal.Menurut saya, yang harusnya patut dipertanyakan tentang tanggung jawab itu yaitu dari pihak keluarga mereka sendiri. Mengapa? jawabannya adalah ketidakmampuan serta kurangnya peran orang tua memberikan perhatian dan wejangan dalam mendidik atau melindungi anak-anaknya. Padahal sudah di tegaskan nya peranan orang tua yang baik dan benar adalah mendidik, mengasuh, serta melindungi anak.
Pada kasus ini banyak orang tua bahkan sepasang mata yang melihat mereka bertawuran menyudutkan pihak sekolah atas kurangnya didikan yang pihak sekolah berikan. Hal ini menurut saya kurang tepat, karena tidak semua waktu yang dipunyai seorang pendidik di sekolah tercurah kepada anak didik nya karena dapat di katakan anak-anak yang mereka awasi sangat banyak. Mereka mempunyai keterbatasan dalam mengawasi anak-anak didik nya.
setiap permasalahan pasti ada penyelesaian, menurut saya penyelesaian atau solusi yang tepat dalam kasus diatas adalah :
a. Para siswa wajib diajarkan dan memahami bahwa semua permasalahan tidak akan selesai jika cara penyelesaiannya menggunakan kekerasan.
b. Melakukan komunikasi dan pendekatan secara khusus kepada para pelajar untuk mengajarkan kasih sayang
c. Bagi para orang tua, mulailah belajar jadi sahabat untuk anak-anaknya.
d. pengembangan bakat dan minat pelajar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

asdfghjkl Template by Ipietoon Cute Blog Design