Kamis, 14 April 2016

PT. Sinar Sosro

TUGAS PSIKOLOGI INDUSTRI
MAKALAH KUNJUNGAN INDUSTRI
DI PT. SINAR SOSRO UNGARAN





Oleh :
Yuniar risdiyanti
(4415210143)


FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI
UNIVERSITAS PANCASILA
2015

Kata Pengantar
            Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan pengerjaan makalah tentang salah satu PT yang telah saya kunjungi beberapa hari yang lalu
Saya sebagai penyusun menyadari bahwa data penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan saran dan kritik dari pembaca.
Semoga makalah ini dapat memberi manfaat kepada pembaca untuk kebahagian dunia dan akhirat, Amin.





 Jakarta, April 2016

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Sebagai pelajar khususnya kita sebagai mahasiswa seharusnya sudah mengerti seperti apa nantinya kita akan bekerja. Karna jenjang mahasiswa adalah tingkatan akhir untuk seseorang dimana akhirnya akan bekerja. Dan selain itu mereka sudah harus menyiapkan mental untuk terjun ke lapangan pekerjaan yang akan digeluti
setiap perusahaan diharapkan menghasilkan produk yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. untuk menghasilkan produk berkualitas, diperlukan proses produksi yang cermat dan efisien.
Pada kesempatan kali ini pihak kampus khususnya fakultas teknik jurusan teknik industri mengadakan kunjungan industri. Bertempatan pada acara tersebut pekerjaan ini untuk memenuhi suatu tugas mata kuliah. Yaitu mengunjungi PT sinar sosro yang berada di daerah Ungaran,Semarang.

1.3 RUMUSAN MASALAH
1.      Apa itu PT Sinar Sosro?
2.      Bagaimana dengan sejarah PT Sinar Sosro?
3.      Siapa saja pendiri PT Sinar Sosro dan bagaimana berdirinya PT Sinar Sosro?

1.2 TUJUAN PENULISAN
          Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah PT Sinar Sosro. Selain itu, ini juga untuk memenuhi tugas dari dosen yaitu  Bapak Seta Wicaksana selaku dosen Psikologi Industri.

BAB II
PEMBAHASAN

A.   PT Sinar Sosro.
PT. Sinar Sosro adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minuman ringan, terutama yang berbahan dasar teh. PT Sinar Sosro merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia  dan di dunia. Perusahaan ini memproduksi minuman teh dalam botol yang bernama teh botol, joy green tea, fruit tea, dll.
PT. Sinar Sosro memiliki 10 pabrik yang tersebar di Indonesia, yaitu di Cakung (Jakarta Timur), Tambun dan Cibitung (jawaBarat), Pandeglang (Banten), Serdang, Ungaran (JawaTengah), Gresik danMojokerto (JawaTimur), Bali, dan Palembang, (Sumatera Selatan).

B.   Sejarah PT Sinar Sosro
Lahirnya teh botol sosro yaitu, ketika keluarga Sosrodjojo memulai bisnisnya pada tahun 1940 di kota Slawi, Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh merek “Teh Cap Botol”.
Tahun 1965, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke Jakarta dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di Jakarta.
Awalnya, datang ke pasar-pasar dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Setelah siap, seduhan teh tersebut langsung dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Namun cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu.
Cara kedua, teh tidak lagi diseduh langsung di pasar, tetapi dimasukkan kedalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa kepasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa tumpah selama perjalanan dari kantor ke pasar karena pada saat tersebut jalanan di Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.
Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh dan dikemas kedalam botol yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis juga bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya.
Tahun 1969, diputuskan untuk menjual minuman tehdalam kemasan botol secara massal dengan nama Tehbotol Sosro. Nama Tehbotol” diambil dari teh seduh merek ”Teh Cap Botol”, yang saat itu sudah mulai terkenal di Jakarta dan ”Sosro” dari nama keluarga pendirinya yakni ”Sosrodjojo”
Selanjutnya pada Perubahan Bentuk Botol Dan Logo Teh botol Sosro, Tahun 1969, seiring dengan semakin diminatinya Teh botol Sosro oleh masyarakat Jakarta, Tehbotol Sosro kemudian diproduksi dengan lebih massal tetapi masih dalam skala industri rumahan dan menggunakan botol dengan desain umum / generic (image Botol Pertama tahun 1969).
Tahun 1972, Logo Teh botol Sosro berganti design dan mulai mencantumkan Logo Sosro di leher botol (image Botol Kedua tahun 1972).
Tahun 1974, Logo Tehbotol Sosro kembali mengalami perubahan design dan pada saat yang bersamaan botol Tehbotol Sosro dirubah bentuknya menjadi lebih unik & menonjol – logo dan bentuk botol tersebut masih digunakan sampai saat ini – serta produksinya sudah mulai menggunakan mesin bertekhnologi tinggi yang di impor dari Jerman (image Botol Ketiga tahun 1974).
 

C.   Berdirinya PT Sinar Sosro
Agar bisa melayani pasar dengan lebih baik, Soegiharto Sosrodjojo dan saudara-saudaranya memutuskan untuk memisahkan usaha teh siap minum dalam kemasan dari usaha teh seduh keluarga Sosrodjojo yakni dengan mendirikan sebuah perusahaan baru. Perusahaan baru ini diharapkan akan bisa lebih focus dalam melayani dan mengembangkan pasar minuman teh siap minum dalam kemasan botol beling.
Pada tangal 17 Juli 1974, Soegiharto Sosrodjojo dan saudara-saudaranya resmi mendaftarkan perusahaan baru tersebut dengan nama PT. Sinar Sosro, yang berdomisili di Jalan Raya Sultan Agung Km. 28, Medan Satria, Bekasi – yang juga merupakan lokasi pabrik pertama Tehbotol Sosro sekaligus merupakan Pabrik teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia dan di dunia.
Produk yang telah diproduksi oleh PT Sinar Sosro antara lain Teh Botol Sosro, Teh Celup Sosro, Joy Tea Green Tea, Fruit Tea, Happy Jus, Country Choice (Jus Buah), TEBS, S-Tee, Freso, Creso dan Prim-A (Air Mineral)
Para pendiri PT. Sinar Sosro terdiri dari :
·         Soemarsono Sosrodjojo
·         Soegiharto Sosrodjojo
·         Soejipto Sosrodjojo
·         Surjanto Sosrodjojo
BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa kunjungan industry diatas mampu memahami secara langsung bagaimana sistem produksi yang dilakukan oleh PT. Sinar Sosro. Suatu industri yang bermula dari seorang pencetus ide teh dalam kemasan botol. Yang sekarang sudah menjadi industri besar dan dikenal hingga ke luar negeri. Dengan berbekal filosofi “niat baik”, PT. Sinar Sosro selalu mengedepankan kualitas dan ramah lingkungan. Karena proses produksi yang dilakukan terbukti steril serta limbah yang dihasilkan terbukti mampu dikembalikan pada alam.



0 komentar:

Posting Komentar

 

asdfghjkl Template by Ipietoon Cute Blog Design